Pilih-Strategi-Marketing-Yang-Efeltif-Untuk-Bisnis-Anda
Artikel

Pilih Strategi Marketing Yang Efeltif Untuk Bisnis Anda

22/02/2022 By 0 Comments

Strategi Marketing. Menghasilkan prospek atau bahkan berhasil mengarahkan pelanggan potensial untuk melakukan pembelian tentu merupakan sebuah kesuksesan bagi bisnis. Namun, jika dilihat dari sudut pandang jangka panjang, pelanggan hanya akan menguntungkan jika Anda berhasil meningkatkan customer lifetime value mereka.

Digitalisasi telah mengubah perilaku pelanggan, tidak hanya di B2C, tetapi juga di B2B. Tuntutan pelanggan potensial saat ini lebih tinggi dibandingkan beberapa tahun yang lalu, baik dari segi produk itu sendiri maupun komersialisasinya.

Tidak lagi cukup bagi bisnis untuk memberikan semua informasi produk, saat ini, pelanggan punya lebih banyak kebebasan untuk memilih saluran komunikasi dan berharap mendapatkan informasi yang relevan untuk mereka.

Dalam mencapai hasil yang maksimal, dibutuhkan strategi marketing yang matang. Strategi marketing punya banyak jenis, mulai dari social media marketing, influencer marketing, dan lainnya. Namun, pada dasarnya berbagai kategori tersebut bisa dikerucutkan menjadi dua tipe saja, yakni strategi outbound marketing dan inbound marketing.

Outbound Marketing

Outbound marketing merupakan strategi menyampaikan pesan kepada audiens seluas-luasnya. Strategi ini merupakan metode pemasaran tradisional yang fokus mendorong komunikasi kepada target yang luas dan lebih bersifat satu arah.

Contoh outbound marketing adalah iklan televisi, billboard, telemarketing, brosur, dan sebagainya. Pada dasarnya, Anda-lah yang harus lebih aktif “menyapa” audiens untuk mengkomunikasikan value produk atau layanan.

Kelebihan dari strategi ini adalah kemampuannya dalam meningkatkan brand awareness dan bisa langsung memberikan hasil karena audiens yang tertarik akan tergerak melakukan pembelian begitu melihat iklan yang Anda pasang.

Inbound Marketing

Inbound marketing merupakan metode yang fokus untuk menarik konsumen. Strategi ini dimulai dengan menawarkan konten untuk meningkatkan brand awareness dan menarik perhatian target audiens, dilanjutkan dengan membangun interaksi positif agar dapat mengubah target audiens menjadi prospek dan konsumen.

Tidak berhenti di situ, tahapan berikutnya adalah memastikan kepuasan konsumen untuk hubungan jangka panjang. Inbound marketing memanfaatkan internet, praktik inbound marketing meliputi Content Marketing, Search Engine Optimization (SEO), Blogging, Social Media, Engine Marketing, dan masih banyak lagi.

Strategi ini dirancang dengan mempertimbangkan minat audiens serta perjalanan mereka (customer journey) dalam prosesnya sehingga bisa menghasilkan leads yang lebih berkualitas atau berpotensi tinggi untuk terjadinya konversi.

Manakah Yang Paling Efektif?

Dalam dua strategi tersebut, Anda dapat menentukan mana yang lebih efektif untuk bisnis. Inbound marketing lebih mengedepankan pendekatan interaktif dan manusiawi sehingga hubungan yang terjalin tidak hanya berhenti ketika konsumen telah membeli produk.

Pada fase lebih lanjut, kepuasan konsumen adalah elemen penting yang harus terus dijaga. Interaksi yang telah terbentuk harus dibina agar berkelanjutan.

Sedangkan orientasi inbound marketing sendiri adalah hubungan jangka panjang. Konsumen yang puas dan setia pada akhirnya berpotensi menjadi promotor gratis, yakni mereka akan dengan sukarela merekomendasikan produk kita kepada pihak lain. Maka dari itu, tidak heran jika metode ini pun dinilai lebih hemat biaya.

Outbound marketing mungkin terdengar tidak lagi relevan, tapi bukan berarti metode ini sudah mati atau tidak bisa lagi dioptimalkan.

Begitu juga dengan inbound marketing yang terdengar menjanjikan. Jika langkah-langkah pada tiap fasenya dijalankan secara serampangan, target audiens tidak akan menemukan produk Anda, apalagi berujung pada konversi.

Nah, demikian penyampaian tentang strategi marketing yang efektif untuk bisnis Anda. Apabila Anda ingin mendapatkan jaringan yang cepat dan stabil, maka kami referensikan Anda menggunakan Global Data. Global Data salah satu ISP terbaik di Bekasi dengan layanan high speed internet.

Layanan ini mampu mengirim dan atau menerima berkas dalam ukuran file besar, sehingga tidak terjadi keterlambatan pengiriman atau penerimaan file. Selain itu, ISP Bekasi ini juga memberikan jaminan service level aggrement 99% sehingga menjadi internet service provider dengan layanan terbaik.

Untuk area jangkauan juga sangat luas. ISP Bekasi ini mampu menjangkau area dengan tingkat aktivitas ekonomi yang tinggi di daerah Bekasi, Cikarang, Karawang, dan Jabodetabek.

Global data merupakan internet Dedicated tercepat dengan bandwidth tanpa terbagi oleh pengguna lain sehingga download serta upload tanpa hambatan. ISP Bekasi ini juga ada fitur optimasi bandwidth, Anda dapat mengatur bandwidth internet kantor Anda berdasarkan prioritas pengguna.



Avatar for globaldata

About the Author

globaldata: Internet Service Provider (ISP) di Bekasi, Cikarang, Jakarta, Tambun, Cibitung Karawang, Depok. Dapatkan Promo Paket Internet kantor Dengan Diskon biaya bulanan hingga 60% .


0 Comments on "Pilih Strategi Marketing Yang Efeltif Untuk Bisnis Anda"


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Leave a Reply

Open chat
1
Global Data
Hallo
Ada yang bisa aku bantu?