Mengulik Seberapa Penting Digital Marketing Bagi Sebuah Perusahaan
Digital marketing menjadi salah satu teknik pemasaran yang paling diminati sejak beberapa tahun belakangan. Era ini dimulai berbarengan dengan keberadaan internet yang juga tumbuh pesat di era modern ini.
Ada beragam akses untuk calon konsumen agar dapat melihat penawaran yang perusahaan akan berikan. Beberapa contohnya adalah Website, Blog, Media sosial (Instagram, Whatsapp, Line, dsb). Dari beberapa akses itulah perusahaan akan berkomunikasi kepada calon konsumennya.
Namun demikian, yang menjadi pertanyaan adalah seberapa penting digital marketing bagi sebuah perusahaan? Berikut kami sampaikan yang dikutip dari berbagai sumber.
1. Memberikan Arah yang Pasti untuk Perusahaan
Alasan pertama adalah dapat memberikan arah dan tujuan yang jelas dan pasti bagi orang-orang yang ada di dalamnya. Kebanyakan perusahaan yang berjalan tanpa digital marketing, mereka tidak memiliki tujuan strategis yang jelas.
Mereka tidak ada bayangan yang tepat tentang tujuan apa saja yang ingin diraih oleh perusahaan melalui pemasaran secara online, terutama dalam perihal untuk mendapatkan pelanggan baru, meningkatkan penjualan dan mematenkan hubungan antara produsen dengan konsumen secara lebih dalam di platform online.
Kita tidak bisa memanfaatkan transformasi teknologi untuk bisa memberikan arah yang jelas pada pertumbuhan perusahaan.
2. Mencegah Kompetitor Meraih Perhatian Pelanggan
Lagi-lagi kami sampaikan bahwa perusahaan yang tidak memiliki digital marketing pasti akan sangat merugi. Ketika perusahaan kita tidak mengerahkan sumber daya yang kuat dan kompeten untuk menguasainya, maka kompetitor kita yang akan melakukannya.
Penerapan digital marketing akan memudahkan para pebisnis dan pengusaha untuk bercengkrama langsung dengan konsumen baru atau para pelanggan setia mereka. Sebuah bisnis tanpa pelanggan akan menjadi bisnis yang hampa.
Jadi, jangan sampai para kompetitor kita mendapatkan perhatian dari target pelanggan kita hanya karena kita tidak menggunakan digital marketing atau tidak memaksimalkan penggunaannya yang telah dibangun di awal bisnis. Nah, mulai dari sekarang tetapkan strategi digital marketing yang tepat!
3. Membantu Mengenal Target Pelanggan Melalui Online
Jika kita tidak ingin target pasar atau target pelanggan kita diambil alih oleh para kompetitor, maka memaksimalkan penerapan digital marketing adalah solusinya.
Dengan penerapan digital marketing yang maksimal, kita dapat mengetahui tingkat permintaan pelanggan secara online. Secara tidak langsung, kita akan lebih mengenal apa yang disukai dan tidak disukai oleh para target pelanggan kita.
Dalam hal ini, kita bisa menggunakan kata kunci atau keywords yang disarankan oleh aplikasi Google untuk menarik perhatian para calon pelanggan ke situs bisnis kita.
Jika salah satu keyword yang kita gunakan telah berhasil membawa mereka mengunjungi situs bisnis kita, maka kita tahu hal tersebut merupakan minat atau ketertarikan yang target pelanggan kita inginkan.
4. Memberitahu Informasi Secara Rinci Tentang Pelanggan
Jika Anda dan rekan-rekan bisnis lainnya merasa belum mengenal pelanggan Anda dengan sangat baik, maka penggunaan digital marketing adalah jawabannya. Kita tahu bahwa hampir semua orang setuju media adalah platform modern yang bisa mengukur banyak hal di era modern ini.
Contohnya, kita bisa tahu frasa gaul apa yang banyak digunakan oleh karyawan milenial saat ini, produk-produk trendi apa yang banyak dibeli oleh konsumen, dan lain sebagainya. Fungsinya bisa melebihi fungsi Google Analytics atau aplikasi lain sejenisnya.
Dalam hal ini Google Analytics hanya bisa membantu kita untuk melihat jumlah kunjungan pelanggan atau calon konsumen ke situs web kita, namun bukan memberikan kita gambaran tentang apa yang disukai mereka terhadap situs web kita dan apa yang mereka inginkan di dunia pasar modern ini.
Dengan kata lain, digital marketing membantu kita untuk mendapatkan informasi pelanggan secara lebih dalam melebihi Google Analytics.
5. Menumbuhkan Nilai Online yang Kuat.
Penerapan strategi digital marketing yang tepat akan membuat pelanggan lama semakin setia dengan produk kita, dan pelanggan produk lain akan beralih ke produk kita.
6. Menghemat Anggaran Pengeluaran Perusahaan.
Hadirnya digital marketing juga membuat budget perusahaan semakin aman dan tidak boros. Kita tidak perlu lagi mengeluarkan banyak biaya untuk print flyer, iklan-iklan cetak, membuat baliho, dan lain sebagainya (mungkin jumlahnya dapat dikurangi).
Dengan begitu, kita bisa beralih guna memaksimalkan pencapaian tujuan bisnis kita, namun dilakukan secara online sehingga lebih hemat biaya.
Setelah menyimak 10 alasan pentingnya digital marketing di atas, apakah rekan pembaca sudah siap untuk memiliki atau mengembangkan perusahaan Anda? Kami harap bisnis rekan-rekan pembaca semakin sukses dengan penerapan yang lebih maksimal.
Share on Facebook Share on Twitter Share on Pinterest
0 Comments on "Mengulik Seberapa Penting Digital Marketing Bagi Sebuah Perusahaan"