Digitalisasi-bisnis-1
Artikel

Digitalisasi Bisnis : Peran Internet Dalam Transformasi Digital

16/11/2020 By

Digitalisasi Bisnis : Peran Internet Dalam Transformasi Digital

 

Digitalisasi bisnis merupakan topik pembicaraan yang sering kita jumpai dalam kurun waktu 5 tahun terakhir. Banyak artikel dan pembahasan di ruang publik melalui talk show, seminar dan workshop menjadikan isu digitalisasi sebagai tema utama dalam pembahasan mereka.

Topik Digitalisasi menjadi populer seiring dengan perkembangan pesat teknologi digital. Teknologi digital memang berkembang dengan pesat, kemunculan berbagai macam startup yang meramaikan industri digital menambah euforia dunia digital ditengah masyarakat.

Merambahnya teknologi digital ke berbagai sektor kehidupan, mulai berdampak pada pergeseran prilaku masyarakat. Kebiasaan sehari-hari masyarakat kini mulai banyak melibatkan teknologi digital sebagai penunjang aktivitas.

Efektifitas, efisiensi, dan juga kemudahan, adalah faktor utama yang membuat banyak masyarakat beralih menggunakan teknologi digital dalam kesehariannya. Sebagai contoh, munculnya berbagai macam marketplace di Indonesia yang menghadirkan berbagai macam promo, mampu menarik minat pasar untuk beralih melakukan pembelian melalui market place.

Konsep hemat waktu, kemudahan dan banyak promo, menjadikan pasar tergiur menggunakan marketplace sebagai pilihan pertama dalam berbelanja. Jika dilihat dari sisi bisnis, ini tentu sangat menggiurkan bagi pelaku bisnis, khususnya startup. Tak heran jika saat ini bermunculan start up di Indonesia untuk mengambil bagian dalam euforia teknologi digital saat ini.

Sebelum lebih jauh kita membahas tentang fenomena perkembangan teknologi digital ini, alangkah baiknya kita mengulas terlebih dahulu tentang digitalisasi bisnis.  Mari kita simak ulasan berikut yang berhasil kami ulas.

 

Apa itu Digitalisasi Bisnis ?

Digitalisasi bisnis adalah merubah komunikasi, interaksi dan juga fungsi bisnis menuju digital. Dengan perngertian lainya, adalah proses transformasi bisnis dari konvensional menjadi digital (Virtual) dan meliputi berbagai aspek bisnis seperti proses transaksi dan juga penerapan sistem sebuah perusahaan.

Orientasi utama digitalisasi bisnis adalah mencapai efisiensi kerja, mengurangi keterlibatan manusia untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal dan perluasan cakupan bisnis hingga ke kancah global.

 

Sejarah Teknologi Digital Dan Konsep Revolusi Industri 4.0

Teknologi digital

Teknologi digital merupakan sebuah sistem pengoperasian otomatis yang terkomputerisasi atau dapat terbaca oleh sistem komputer. Pada dasarnya, digital adalah sistem penghitung cepat yang dapat memproses bentuk-bentuk informasi dalam kode digital (Numerik).

Pada tahun 1980, terjadi sebuah perubahan teknologi, yang semula teknologi mekanik dan analog menjadi teknologi digital. Awal perkembangannya diawali dengan munculnya World Wide Web (www) pada tahun 1992 yang dirilis ke publik.

Pada tahun 1997, media sosial mulai mewarnai dunia digital dan mampu menarik minat banyak orang untuk menggunakannya. Trend media sosial diawal kemunculannya meningkat di tahun 2000 dengan hadirnya friendster, disusul oleh facebok dan twitter.

 

Revolusi Industri 4.0

Revolusi Industri 4.0 atau Revolusi Digital 4.0 pertama kali digaungkan di Jerman pada tahun 2011 saat acara pameran industri Hannover.  Klaus Schwab merupakan salah satu pencetus konsep revolusi industri digital 4.0. Klaus Schwab mengatakan bahwa revolusi industri 4.0 ditandai dengan terlibatnya teknologi baru terpadu antara dunia biologis, fisik, dan digital yang mempengaruhi berbagai disiplin ilmu di berbagai bidang.

Faktor pertama yang melahirkan konsep revolusi industri 4.0 adalah perkembangan Internet yang sangat pesat. Seperti yang kita ketahui, generasi internet yang saat ini sudah mencapai 4G bahkan sebentar lagi kita akan menikmati Generasi ke-5 dari teknologi internet yaitu 5G.

Seperti yang kita ketahui, koneksi internet yang sekarang sudah merata hadir di Indonesia, yaitu 4G mampu mengakomodir kebutuhan komunikasi jarak jauh dengan menggunakan media visual video. Bahkan digadang-gadang konsep Internet of things akan seutuhnya bisa diterapkan dengan hadirnya internet 5G.

 

Kenapa harus melakukan digitalisasi Bisnis ?

Saat ini keterlibat teknologi dalam aktivitas manusia sangat meningkat dan berdampak pada perubahan kebiasaan manusia dalam menjalani kesehariannya. Pola perilaku yang berubah ini tentu berdampak pula pada kondisi pasar yang menjadi target bagi perusahaan. Pendekatan pasar dengan cara konvensional perlahan akan berkurang efektifitasnya. Hal ini tentu menjadi suatu persoalan bagi para pelaku bisnis.

Keterlibatan teknologi digital dalam bisnis dianggap sangat diperlukan saat ini untuk bertahan dalam persaingan bisnis yang tinggi. Selain dapat membuat proses operasional bisnis anda menjadi lebih efisien, digitalisasi bisnis akan membuat brand atau produk dari perusahaan anda lebih dengan pada tagert market yang anda tuju.

 

Prospek Potensi Pasar di Era Digital

Salah satu alasan perlunya melakukan digitalisasi bisnis adalah potensi pasar yang luas dan mampu merambah hingga kancah global (lintas negara). pada sebuah survei yang dilakukan Pure Storage, sebanyak 70% dari sebanyak 200 bisnis di Indonesia menyebutkan bahwa lebih dari 50% pendapatan mereka dihasilkan dari chanel digital dapa bisnis mereka.

Sedangkan  79% bisnis yang ada di Indonesia mengandalkan layanan digital untuk akselerasi inovasi bisnis mereka. Bahkan dikalkulasikan pada tahun 2025 nanti, jika semua komponen digital yang meliputi AI, IoT dan machine learning menjadi penggerak bisnis, Indonesia akan meraup peluang hingga USD 150 Miliar/tahun.

Semua angka dalam hasil survei tersebut menunjukan bahwa terdapat potensi besar yang bisa diraih jika sebuah perusahaan memutuskan untuk melakukan transformasi digital pada bisnisnya. Ini tentu hal yang menarik bagi para pemilik perusahaan untuk bisa bertahan sekaligus mengakselerasikan kemajuan bisnisnya di era digital ini.

 

Aspek Penting Dalam Digitalisasi Bisnis

 

Mindset Digital

Mindset merupakan faktor fundamental yang perlu dipersiapkan sebelum anda melakukan digitalisasi bisnis. Ditengah ramainya perusahaan melakukan transformasi bisnisnya menuju digital, tak diimbangi dengan pengetahuan tentang digital yang cukup. Bahkan seringkali menganggap bahwa digitalisasi adalah sebuah jalan pintas. Digitalisasi bukanlah proses instan yang dibangun dalam semalam. Banyak faktor yang harus anda perhatikan termasuk mindset dan segala aspeknya.

 

Infrastruktur Digital

Infrastruktur digital merupakan faktor penting yang menjadi pendukung sebuah sistem komputasi. Infrastruktur digital meliputi jaringan internet, data center, cloud computing, dan lain lainnya. Saat ini infrastruktur digital lebih memadai dibanding beberapa tahun lalu.  Anda bisa memanfaatkan semua infrastruktur digital tersebut untuk melakukan digitalisasi bisnis. Namun anda perlu  mempertimbangkannya dan memastikan bahwa yang anda gunakan sesuai dengan kebutuhan.

Sebagai contoh adalah Internet. Internet menjadi komponen yang sangat penting yang harus anda persiapkan kebutuhannya sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh perusahaan anda. Penggunaan koneksi internet yang kurang tepat pada kantor anda, akan berimbas pada berkurangnya keoptimalan koneksi internet anda. Tentu hal tersebut akan mempengaruhi performa bisnis anda yang bergantung pada koneksi internet dalam operasionalnya.

Pada Skala perkantoran, koneksi internet yang dapat mengakomodir kebutuhan operasional adalah koneksi internet dedicated. Koneksi internet dedicated memiliki keunggulan pada bandwidth yang digunakan. Jenis bandwidth dedicated merupakan jenis bandwidth yang bersifat terdedikasi ke pengguna / tidak terbagi dengan pengguna lain.

Global Data Internet merupakan internet service provider / penyedia layanan internet dengan beragam paket layanan internet untuk skala perkantoran. Layanan internet dedicated Global Data Internet yang memprioritaskan kecepatan dan kestabilan untuk kelancaran agenda digitalisasi bisnis pada perusahaan anda.

 

Pemasaran Digital (Digital Marketing)

Pemasaran digital merupakan suatu metode pemasaran dengan melibatkan teknologi digital sebagai platform pemasaran. Digital marketing saat ini dianggap sebagai pemasaran yang efektif dan fleksibel untuk semua jenis bisnis. Peningkatan pendapatan dengan jangkauan target konsumen yang lebih spesifik dapat dilakukan melalui pemasaran digital.

Terdapat beberapa channel pemasaran digital saat ini, mulai dari website, platform marketplace, media sosial, email marketing, hingga platform video streaming youtube. Dari beberapa channel yang tersedia, anda perlu menganalisanya, sebab masing-masing chanel tersebut memiliki karakteristik masing-masing.

Sebagai contoh, pada platform media sosial yang kini sedang banyak diminati oleh anak muda yaitu Tiktok. Platform media sosial ini memang yang memiliki pengguna rata-rata di range umur 15 – 25 tahun. Jika brand atau produk anda menyasar target market di range umur 15 – 25 tahun, maka Tiktok bisa anda gunakan sebagai salah satu channel pemasaran digital anda. Selain chanel digital marketing, yang perlu anda siapkan adalah konten menarik yang bisa menarik target market anda.

 

Peran Internet Dalam Transformasi Digital

 

Sejarah dan Perkembangan Internet

Internet merupakan jaringan komunikasi yang menghubungkan suatu media elektronik dengan media elektronik lainnya. Diawal kemunculannya pada tahun 1960, kemunculan internet dipergunakan untuk keperluan militer di departemen pertahanan Amerika Serikat.  ARPANET merupakan sistem rintisan sebelum akhirnya menjadi sistem internet saat ini. Dan baru di tahun 1980, internet dipergunakan secara terbatas oleh Universitas-universitas di Amerika.

Pada tahun 1994, internet mulai masuk di Indonesia. Di awal masuknya internet di Indonesia, internet digunakan oleh beberapa media surat kabar untuk menerbitkan berita secara online. Dan memasuki tahun 2000, internet mulai merambah perannya ke beragam sektor industri. Dan berkembang sangat pesat berkat kemunculan media sosial yang hingga saat ini masih banyak digunakan.

Dalam sebuah data yang di rilis oleh Statista tahun 2019, di prodiksikan bahwa pengguna internet di tahun 2023 menyentuh angka 149,9 Juta pengguna. Angka tersebut tentu memiliki banyak arti, entah dari segi statistik maupun dari segi bisnis.

 

Internet di Era Digital

Peran internet di Era Digital tidak dapat dikesampingkan. hal ini disebabkan peran internet yang cukup sentral dalam perjalanan teknologi digital. Konsep Internet of Things (IoT) membuktikan bahwa peran internet bertambah penting seiring dengan berkembangnya teknologi di sektor lain.

Selain itu kehadiran konsep IoT  seolah mempertegas bahwa kedepannya akan banyak bermunculan teknologi-teknologi yang akan terhubung dengan internet. Kehadiran jaringan internet 5G yang diklaim 100 kali lebih cepat dari pada generasi sebelumnya akan memungkinkan konsep IoT akan segera menjamur diterapkan diberbagai negara.

Fenomena perkembangan teknologi internet dan digital tersebut memang melahirkan beberapa kemungkinan kedepan. Namun tentu hal itu akan memberikan pengaruh pada pola berbisnis dan pola hidup masyarakat. Dari sisi bisnis, tentu hal ini adalah tantangan dan sekaligus menjadi angin segar mengingat prospek kedepan yang terlihat baik oleh mulai terbentuknya pasar dari chanel digital.

Maka perlu bagi perusahaan mempersiapkan diri dan segera melakukan transformasi digital untuk dapat bersaing. Internet yang menjadi salah satu faktor terpenting perlu sekali diperhatikan. Internet cepat dan stabil akan mengoptimalkan proses digitalisasi bisnis anda. Percepatan transformasi digital anda sangat di tentukan oleh beberapa aspek penting yang sudah kami jabarkan di atas.

Kesimpulan

Digitalisasi bisnis merupakan upaya transformasi bisnis dari konsep konvensional menuju konsep virtual yang mengutamakan efesiensi dan meminimalisir keterlibatan manusia dalam proses bisnis. Digitalisasi bisnis sangat diperlukan untuk bertahan ditengah perkembangan teknologi yang pesat dan juga persaingan yang ketat. Keberhasilan digitalisasi bisnis dipengaruhi oleh beberapa faktor yang meliputi mindset digital, infrastruktur digital, hingga pemasaran digital. Namun masih banyak aspek tambahan lainnya yang juga perlu anda pelajari untuk mensukseskan transformasi digital bisnis anda.

Peran internet dalam kehidupan bermasyarakat di era digital ini memang tidak bisa diabaikan. Selain memiliki peran yang sentral, internet juga menjadi media penghubung perangkat yang perannya akan semakin bertambah di masa depan. Konsep internet of things (IoT) merupakan bukti bahwa peran internet akan semakin menjamah berbagai sektor dikehidupan manusia.

Global Data Internet sebagai internet service provider dengan layanan internet dedicated hadir untuk mendukung ketersediaan infrastruktur internet pada perusahaan di Indonesia. Layanan Internet dedicated yang dirancang khusus untuk mengakomodir kebutuhan perkantoran dengan area jangkauan layanan yang luas. Area jangkauan yang meliputi Jabodetabek, Karawang, dan Subang. Global Data Internet merupakan pilihan tepat koneksi internet kantor anda.

 



Avatar for globaldata

About the Author

globaldata: Internet Service Provider (ISP) di Bekasi, Cikarang, Jakarta, Tambun, Cibitung Karawang, Depok. Dapatkan Promo Paket Internet kantor Dengan Diskon biaya bulanan hingga 60% .


2 Comments on "Digitalisasi Bisnis : Peran Internet Dalam Transformasi Digital"


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published. Required fields are marked *