Mau-Bangun-Bisnis-Jangan-Lupa-Riset-Produk-Dulu
Uncategorized

Mau Bangun Bisnis? Jangan Lupa Riset Produk Dulu

18/08/2022 By 0 Comments

Melakukan riset produk adalah suatu keharusan jika ingin memulai usaha. Dengan melakukan riset terlebih dahulu, kita dapat mengetahui data-data produk/jasa yang paling laku dipasaran atau dalam arti yang sedang diminati oleh masyarakat saat ini.

Dengan begitu, kita dapat menarik kesimpulan apakah produk yang akan kita jual dapat memenuhi kebutuhan pasar (laku) atau tidak laku.

Apa itu riset produk?

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara riset produk, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa itu riset produk dan manfaatnya, yang dikutip dari berbagai sumber.

Secara sederhana, riset produk adalah proses yang dilakukan untuk mendapatkan informasi mengenai kecocokan suatu produk dengan keinginan pelanggan.

Pada proses ini, Anda sebagai pengusaha akan mencari tahu produk seperti apa yang benar-benar diinginkan oleh pelanggan. Riset produk ini sangat membantu Anda dalam memaksimalkan upaya dalam penjualan produk nantinya.

Dikutip dari MBA School, hal ini juga bisa membantu Anda untuk menyempurnakan ide mengenai produk yang sedang dikembangkan dan meningkatkan layanan terhadap produk yang sudah ada.

Namun di sisi lain, riset produk ini bukan sesuatu yang gampang dan bisa dilakukan dalam satu hari. Melainkan sebagai seorang pengusaha atau pebisnis, nantinya Anda perlu melakukan berbagai tahapan yang bisa memakan cukup banyak waktu.

Manfaat dari melakukan reset produk

Sementara, dikutip dari Hotjar, ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari melakukan riset produk yaitu:

  1. Memahami kebutuhan pengguna dan masalah mereka

Riset produk membantu Anda mengumpulkan data dan wawasan perilaku pelanggan untuk memahami masalah mereka, sehingga Anda dapat menciptakan solusi yang mereka butuhkan melalui produk.

  1. Memudahkan dalam proses pengembangan dan inovasi

Ketika Anda mengetahui apa yang dibutuhkan pelanggan, Anda dapat menemukan cara untuk memecahkan masalah mereka dan memberikan produk yang akan mereka sukai. Selain itu, Anda juga bisa menciptakan berbagai inovasi yang dapat menjadi nilai tambah dari produk.

  1. Mendapatkan keunggulan kompetitif

Sejalan dengan adanya inovasi dan pemahaman Anda terhadap pelanggan, riset produk bisa membantu Anda untuk menemukan kelebihan dan keunikan dari produk pribadi Anda. Ini memberikan peluang untuk dapat menonjolkan kelebihan tersebut dan bisa menjadi sebuah keunggulan yang tidak dimiliki kompetitor.

Bagaimana Cara Riset Produk?

Menurut laman skillacademy, ada beberapa cara yang bisa Anda coba dalam melakukan riset produk.

  1. Tentukan tujuan riset

Pertama, menentukan tujuan dari riset yang Anda lakukan. Adapun tujuan ini biasanya sangat berkaitan dengan visi dan strategi produk. Hal ini harus disesuaikan juga dengan tujuan dari bisnis Anda. Tujuan ini dapat berbentuk rencana yang difokuskan pada satu aktivitas pasti seperti,

  • Melakukan riset produk untuk mengetahui karakteristik dan kesesuaian dengan pelanggan.
  • Mengevaluasi performa produk setelah diluncurkan termasuk mengenai siklus hidup produk.
  • Mengidentifikasi fitur apa saja yang harus ditingkatkan setelah peluncuran produk.
  1. Analisis pasar

Ketika membicarakan pasar, maka tidak terlepas dari yang namanya pelanggan. Dalam melakukan riset produk, Anda harus memahami bagaimana hubungan antara produk Anda dengan target pelanggan.

Hal ini dapat dihubungkan dengan penggunaan demografi. Anda dapat membaginya dalam beberapa kategori seperti gender, usia, pekerjaan, dan lain-lain.

Misalnya, Anda menjual pakaian olah raga premium, seperti baju, celana, hingga kaus kaki dengan menargetkan pelanggan laki-laki dengan rentang usia 18-30 tahun.

Setelah mengetahui hal ini, Anda akan dapat memperkirakan seberapa besar pasar dari produk Anda. Salah satu caranya yaitu dengan menganalisis seberapa besar lalu lintas pencarian produk tersebut di internet. Dalam hal ini Anda bisa menggunakan Google Trends.

Melalui Google Trend ini Anda bisa mengetahui seberapa banyak produk tersebut dicari oleh pelanggan. Walaupun tidak secara spesifik, dengan memasukkan kata kunci terkait, Anda bisa mengetahui bagaimana kondisi dari produk serupa pada saat ini.

Dikutip dari Shopify, cara ini dapat memberi gambaran dan pemahaman yang lebih baik tentang ukuran pasar dari produk Anda. Jika Anda menemukan pasar yang cukup besar, maka bisa memberikan peluang untuk melakukan inovasi yang lebih banyak.

Namun di sisi lain, hal ini juga menunjukkan bahwa Anda memiliki banyak kompetitor. Oleh karena itu, riset produk ini sangat penting dilakukan agar Anda dapat memahami pasar dengan lebih baik.

  1. Cari tahu mengenai produk serupa

Selanjutnya adalah mencari tahu mengenai produk yang serupa, kondisi pasar, serta kompetitor. Hal paling pertama yang perlu Anda lakukan pada proses ini yaitu mencari tahu berapa harga yang ditentukan oleh kompetitor Anda. Dalam melakukan hal ini, Anda bisa mengawalinya dengan mengunjungi berbagai marketplace atau e-commerce.

Anda dapat mengetahui berapa rata-rata harga yang dijual kompetitormu dengan bentuk produk yang sama. Apakah lebih murah atau mahal? Apa saja yang membuat produk mereka diminati? Bagaimana pelayanan yang mereka berikan? Dan masih banyak lagi yang bisa kamu amati dari hal tersebut.

Kemudian, dari hal tersebut Anda juga bisa mengamati bagaimana kondisi pasar dari seberapa banyak produk yang sama dijual oleh kompetitor. Selain bisa mengetahui harga jual, Anda juga bisa mengamati fitur komentar untuk melihat tanggapan dan apa sebenarnya yang dibutuhkan pelanggan dari produk yang serupa. Selanjutnya, Anda dapat menyesuaikan hal tersebut dengan produk Anda.

  1. Analisis produk yang ingin dijual

Faktor utama dalam hal ini, yaitu kembali menganalisis apakah produk Anda dapat menjadi pemecah masalah dari pelanggan. Coba pastikan kembali apa yang dapat menjadi nilai tambah atas produk yang akan Anda tawarkan.

Selanjutnya, perhatikan juga kualitas produk Anda mulai dari pelayanan, ukuran dan packaging. Dalam hal ini Anda bisa melihat bagaimana kompetitor memberikan produk mereka.

Namun, jika Anda tidak memiliki kompetitor, maka tidak ada salahnya Anda menyesuaikan dengan biaya modal usaha Anda. Karena seperti yang kita ketahui tampilan produk juga dapat berpengaruh terhadap penjualan produk.

Selain itu, beberapa hal eksternal seperti tren/musiman juga perlu diperhatikan. Tak jarang tren berpengaruh terhadap penjualan dari produk Anda.

Hal ini bisa karena produk Anda menjadi salah satu barang yang dibutuhkan ketika tren tersebut muncul. Misalnya saja, pakaian muslim yang tentunya memiliki permintaan yang tinggi pada bulan puasa dan lebaran. Jika tidak, maka Anda perlu mencocokkan apakah tren tersebut bisa disesuaikan dengan produk Anda.

  1. Luncurkan produk dalam skala kecil

Nah, sebagai langkah akhir, tidak ada salahnya Anda mencoba meluncurkan produk dalam skala kecil. Hal ini dapat membantu Anda menguji coba produk tersebut untuk memperkirakan penjualan.

Pada proses ini Anda dapat mengetahui kelebihan ataupun kekurangan dari produk. Jika ditemukan bahwa banyak kekurangan, maka masih ada waktu untuk melakukan modifikasi atau pengembangan produk ke depannya. Hal ini tentunya dapat mengurangi risiko kerugian berupa keuangan atau biaya dari produksi.

Pada dasarnya dalam melakukan hal ini Anda tidak harus melakukan pengujian secara besar-besaran. Anda cukup melakukannya dengan skala kecil atau membatasi berapa jumlah produk yang akan kamu coba luncurkan.

______________

Nah, apabila Anda ingin mendapatkan jaringan internet yang cepat dan stabil, maka kami referensikan Anda menggunakan Global Data. Global Data salah satu ISP di Cikarang dengan layanan high speed internet.

Layanan ini mampu mengirim dan atau menerima berkas dalam ukuran file besar, sehingga tidak terjadi keterlambatan pengiriman atau penerimaan file. Selain itu, ISP di Cikarang ini juga memberikan jaminan service level aggrement 99% sehingga menjadi internet service provider dengan layanan terbaik.

Untuk area jangkauan juga sangat luas. ISP di Cikarang ini mampu menjangkau area dengan tingkat aktivitas ekonomi yang tinggi di daerah Bekasi, Cikarang, Karawang, dan Jabodetabek.

ISP di Cikarang itu merupakan internet dedicated tercepat dengan bandwidth tanpa terbagi oleh pengguna lain sehingga download serta upload tanpa hambatan. ISP di Cikarang ini juga ada fitur optimasi bandwidth, Anda dapat mengatur bandwidth internet kantor Anda berdasarkan prioritas pengguna.



0 Comments on "Mau Bangun Bisnis? Jangan Lupa Riset Produk Dulu"


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Leave a Reply

Open chat
1
Global Data
Hallo
Ada yang bisa aku bantu?