Ingat Nih! Pebisnis Harus Paham Psikologi Marketing
Psikologi marketing adalah ilmu marketing yang mempelajari psikologi pelanggan saat membeli suatu produk. Mulai dari motif emosi hingga kecenderungan psikologis yang jadi dasar keputusannya.
Dengan memahami psikologi marketing, Anda bisa membuat strategi memasarkan produk dengan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Bisa dari harga, kemudahan, value dan hal lain yang terkait dengan emosi konsumen.
Pada akhirnya, calon konsumen tentu tidak bisa menolak tawaran produk Anda apabila sesuai dengan kecenderungan psikologi yang mereka miliki.
Itulah salah satu alasan kenapa pemilik bisnis mulai menjalankan psikologi marketing sebagai strategi utama dalam meningkatkan penjualan secara efektif.
Lalu, di mana Anda bisa menerapkan trik psikologi marketing untuk bisnis? Lakukanlah pada berbagai media promosi yang Anda gunakan. Mulai dari media sosial, marketplace sampai website.
Namun, karena website adalah channel yang paling unggul dari sisi branding, strategi ini paling cocok digunakan pada website seperti berbagai contoh yang kami berikan selanjutnya.
Nah, berikut ini adalah beberapa jenis psikologi marketing yang bisa dicoba supaya bisnisnya laris manis!
- Scarcity
Scarcity atau kelangkaan adalah trik psikologi konsumen yang membuat efek seolah-olah produk yang dijual itu terbatas. Efek terbatas bisa dalam hal jumlah ataupun jangka waktu pembeliannya.
Sebagai contoh, jika Anda adalah pelaku usaha yang bergerak di bidang fashion, bisa menyematkan label “Jumlah Terbatas” disertai dengan jumlah stoknya pada produkmu. Contoh lain, promo “Beli 1 Dapat 2” selama selang waktu yang terbatas.
Cara ini membangkitkan ketergesaan di benak konsumen untuk segera membeli produk itu segera, agar tidak kehabisan.
- Price Anchoring Effect
Price Anchoring Effect atau lebih dikenal dengan trik “Harga Coret” ini lebih menekankan pada efek harga murah yang akan diperoleh oleh calon pembeli.
Harga coret ini bisa diterapkan di harga yang terdapat pada buku menu usaha kuliner atau di tampilan harga produk online shop milik Anda.
Dengan menampilkan harga lama yang kemudian dicoret menjadi harga baru yang lebih murah, benak konsumen akan dibawa pada kesimpulan bahwa jika mereka membeli produk Anda artinya mereka mendapatkan harga yang murah untuk produk yang mahal (produk dengan harga lama yang belum dicoret).
- Consistency Effect
Consistency Effect atau Efek Konsisten adalah trik psikologi marketing yang menyasar kecenderungan konsumen untuk membeli produk-produk yang memang sudah sering mereka beli.
Pada dasarnya konsumen takut terhadap hal-hal asing yang baru bagi mereka. Konsumen cenderung membuat keputusan pembelian berdasarkan kebiasaan lama mereka terhadap produk-produk yang sudah sering digunakan atau yang mirip dengan itu. Kalau dihadapkan pada banyak pilihan, konsumen akan memilih produk yang sudah jadi langganannya.
Dengan kondisi psikologis demikian, jika Anda sedang berencana memulai berjualan, sebaiknya jual barang-barang yang memang sudah cukup dikenal oleh calon pembeli supaya jualan laris. Hal ini akan memudahkan terjadinya penjualan.
Jika Anda memang hendak menjual produk yang belum dikenal oleh target konsumen, ada baiknya menyertakan penjelasan produk yang berkorelasi dengan produk-produk lain sejenis yang mungkin lebih akrab di benak konsumen.
- Reciprocity Effect
Reciprocity Effect atau Efek Timbal Balik adalah sebuah efek psikologis terjadinya pembelian dikarenakan konsumen sudah terlebih dahulu menerima banyak bonus-bonus gratis yang diberikan sebelumnya.
Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang sudah pernah dapat bonus gratis, memiliki kecenderungan lebih tinggi untuk membeli kembali produk tersebut.
Dengan pernah menerima bonus-bonus gratis sebelumnya, terkadang muncul rasa tidak enak jika tidak membeli di benak konsumen. Atau bahkan muncul perasaan bahwa produk yang dijual memang bagus kualitasnya, terbukti dari bonus gratisnya saja bagus kok, apalagi produk yang dijual.
Sebagai contoh, Anda pasti sering mendapati promo susu merek tertentu di supermarket-supermarket tertentu dengan cara pembagian sampel gratis dalam cup untuk dicicipi oleh pengunjung.
Dengan memberikan produk contoh yang gratis bisa diminum, pengunjung diajak untuk meyakini bahwa produk susu tersebut enak, berkualitas baik, dan harga terjangkau.
Nah, apabila Anda ingin mendapatkan jaringan internet yang cepat dan stabil, maka kami referensikan Anda menggunakan Global Data. Global Data salah satu ISP di Cikarang dengan layanan high speed internet.
Layanan ini mampu mengirim dan atau menerima berkas dalam ukuran file besar, sehingga tidak terjadi keterlambatan pengiriman atau penerimaan file. Selain itu, ISP di Cikarang ini juga memberikan jaminan service level aggrement 99% sehingga menjadi internet service provider dengan layanan terbaik.
Untuk area jangkauan juga sangat luas. ISP di Cikarang ini mampu menjangkau area dengan tingkat aktivitas ekonomi yang tinggi di daerah Bekasi, Cikarang, Karawang, dan Jabodetabek.
ISP di Cikarang itu merupakan internet dedicated tercepat dengan bandwidth tanpa terbagi oleh pengguna lain sehingga download serta upload tanpa hambatan. ISP di Cikarang ini juga ada fitur optimasi bandwidth, Anda dapat mengatur bandwidth internet kantor Anda berdasarkan prioritas pengguna.
Share on Facebook Share on Twitter Share on Pinterest
0 Comments on "Ingat Nih! Pebisnis Harus Paham Psikologi Marketing"