Berat-Bayar-Biaya-Sewa-Kantor,-Virtual-Office-Jadi-Solusi
Artikel

Berat Bayar Biaya Sewa Kantor, Virtual Office Jadi Solusi

14/10/2022 By 0 Comments

Virtual Office – Biaya sewa kantor menjadi beban tersendiri bagi para pengusaha, terutama Anda yang baru merintis bisnis, mengingat harga sewa ruang kantor lumayan tinggi. Di wilayah CBD (Central Business District ) Jakarta misalnya, pada tahun 2019 harga sewanya pada kisaran Rp200.000 hingga Rp370.000 untuk setiap meter perseginya.

Dari data tersebut bisa diasumsikan bahwa untuk setiap 100 meter perseginya Anda membutuhkan setidaknya Rp20.000.000 setiap bulannya. Jadi total per tahunnya biaya yang Anda butuhkan untuk sewa gedung perkantoran tersebut mencapai Rp240.000.000.

Ini tentu biaya yang sangat besar dan belum diakumulasikan dengan biaya lain seperti gaji karyawan, operasional, alat perkantoran, dan banyak lagi lainnya. Data tersebut tentu masih berfokus pada sewa gedung perkantoran, jika ingin membeli tentu angkanya akan jauh lebih mahal.

Karena itu, kehadiran virtual office adalah angin segar dan mulai dilirik banyak pengusaha. Virtual office sendiri merupakan merupakan kantor virtual dimana sebuah perusahaan bisa mendapatkan alamat kantor asli tanpa perlu menyewa atau mengurus administrasi.

Pada dasarnya Virtual Office adalah sewa kantor virtual atau non-fisik yang berlokasi di zona perkantoran. Kantor non-fisik tersebut dapat digunakan sebagai alamat legal bisnis yang sah.

Selain itu juga mendapatkan fasilitas-fasilitas kantor seperti call answering, mail handling, virtual receptionist, dedicated phone number, penggunaan meeting room dan lain sebagainya.

Karena tidak perlu mengeluarkan uang untuk menyewa gedung seperti kantor konvensional lainnya, tujuan utama virtual office tentu untuk menghemat operational cost.

Tidak hanya itu, virtual office juga membantu perusahaan rintisan (startup) yang baru memulai bisnis meningkatkan kredibilitas mereka di mata klien dengan memiliki alamat kantor resmi.

Manfaat Yang Bisa Dirasakan

Manfaat dari kantor virtual tidak hanya bisa dirasakan Anda sendiri sebagai pebisnis, bahkan karyawan juga merasakan manfaatnya. Hal ini tentu berpengaruh pada operasional serta kinerja tim Anda. Lalu apa saja manfaat dari Virtual Office, berikut ini adalah ulasannya.

  1. Tidak perlu datang ke kantor

Hasil survei membuktikan bahwa setiap orang pada umumnya menghabiskan waktu mereka saat pergi dan pulang kerja. Namun, saat perusahaan menggunakan kantor virtual maka mereka tidak akan membutuhkan perjalanan ke kantor, bermacet-macetan, dan bertemu polusi udara yang mengganggu.
Hal tersebut secara tidak langsung berdampak buruk pada fisik dan kesehatan mental seseorang. Bahkan tidak jarang, banyak karyawan yang merasa stres karena perjalanan ke kantor yang selalu macet dan penuh polusi.

Dengan adanya kantor virtual, mereka bisa fokus bekerja sehingga produktivitas mereka meningkat. Seluruh pekerjaan bisa dilakukan secara online dan tidak perlu bertemu secara langsung.

Fungsi pengawasan dari atasan tetap bisa dilakukan dengan melihat hasil kerja dari timnya. Produktivitas, kinerja, dan target yang ingin dicapai tentu tetap terjamin walau tidak bertemu di kantor.

  1. Karyawan lebih mudah aktif

Beberapa tahun yang lalu, para peneliti di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sydney di Australia merilis sebuah penelitian mengenai dunia kerja. Hasil penelitian tersebut menemukan bahwa duduk di meja selama lebih dari 11 jam sehari meningkatkan risiko kematian. Peningkatannya bahkan hingga 40% jika hal tersebut dilakukan selama tiga tahun.

Hal tersebut menjadi salah satu dampak buruk akibat keterbatasan waktu untuk melakukan rutinitas lain. Mereka yang bekerja secara virtual dengan layanan Virtual Office tidak diharuskan untuk duduk di depan komputer setiap harinya.

Pekerjaan yang dilakukan dari jarak jauh membuat mereka memiliki banyak waktu untuk bekerja dari Cafe, Restaurant, Rumah, Taman, Dapur, dan lebih banyak lagi.

  1. Waktu yang fleksibel

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, menggunakan kantor virtual maka waktu kerja Anda dan karyawan menjadi lebih fleksibel. Banyak pekerja yang mencari waktu yang fleksibel ketika bekerja.

Hal ini dikarenakan waktu yang fleksibel membuat mereka bisa produktif dengan pekerjaan kantor dan pekerjaan rumah seperti berkumpul bersama keluarga, berolahraga, dan masih banyak lagi.

  1. Biaya overhead yang sedikit

Tidak ada sewa kantor, tidak ada biaya utilitas, tidak ada perangkat keras, dan tidak ada biaya yang harus dikeluarkan saat ada peralatan kantor atau bangunan yang rusak. Kantor virtual memang memberikan kemudahan bagi para pebisnis untuk memiliki kantor dengan biaya overhead yang sedikit.

Biaya tersebut bisa Anda alokasikan untuk mendukung operasional bisnis yang lain. Dengan begitu Anda tidak perlu lagi memikirkan biaya-biaya lain, sehingga fokus pada biaya esensial yang berpengaruh langsung pada kinerja bisnis.

  1. Meningkatkan produktivitas

Tugas Anda hanya memantau kinerja karyawan agar bekerja sesuai dengan prosedur yang berlaku. Mereka hanya ke kantor jika ingin bertemu klien atau ada hal penting lainnya.

Kondisi ini membuat produktivitas menjadi meningkat. Baik itu secara individu maupun secara operasional bisnis. Jika karyawan memenuhi atau melampaui tujuan mereka, maka mereka mempertahankan pekerjaannya.

Walau bekerja secara virtual, Anda bisa menetapkan rancangan dan capaian kerja. Tujuannya tentu untuk memudahkan fungsi Anda dalam mengawasi serta mengevaluasi kerja tim.

Hal ini tentu bisa berpengaruh juga pada kinerja dan produktivitas mereka. Tanpa bertemu sama sekali bukan menjadi sebuah masalah yang krusial. Kinerja dan produktivitas bisa Anda awasi dengan membuat target-target yang ingin dicapai.

_____________________________

Nah satu lagi, apabila Anda ingin mendapatkan jaringan internet yang cepat dan stabil, maka kami referensikan Anda menggunakan Global Data. Global Data salah satu ISP di Cikarang dengan layanan high speed internet.

Layanan ini mampu mengirim dan atau menerima berkas dalam ukuran file besar, sehingga tidak terjadi keterlambatan pengiriman atau penerimaan file. Selain itu, ISP di Cikarang ini juga memberikan jaminan service level aggrement 99% sehingga menjadi internet service provider dengan layanan terbaik.

Untuk area jangkauan juga sangat luas. ISP di Cikarang ini mampu menjangkau area dengan tingkat aktivitas ekonomi yang tinggi di daerah Bekasi, Cikarang, Karawang, dan Jabodetabek.

ISP di Cikarang itu merupakan internet dedicated tercepat dengan bandwidth tanpa terbagi oleh pengguna lain sehingga download serta upload tanpa hambatan. ISP di Cikarang ini juga ada fitur optimasi bandwidth, Anda dapat mengatur bandwidth internet kantor Anda berdasarkan prioritas pengguna.



Avatar for globaldata

About the Author

globaldata: Internet Service Provider (ISP) di Bekasi, Cikarang, Jakarta, Tambun, Cibitung Karawang, Depok. Dapatkan Promo Paket Internet kantor Dengan Diskon biaya bulanan hingga 60% .


0 Comments on "Berat Bayar Biaya Sewa Kantor, Virtual Office Jadi Solusi"


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Leave a Reply

Open chat
1
Global Data
Hallo
Ada yang bisa aku bantu?