Apa Itu Mikrotik Dan Fungsinya
Tutorial

Apa Itu Mikrotik Dan Fungsinya ?

17/01/2020 By

Apa Itu Mikrotik Dan Fungsinya ? Mikrotik Adalah sebuah perangkat lunak sistem operasi yang berfungsi untuk membuat komputer menjadi router jaringan. Apakah anda pernah mendengar istilah ini ? Mikrotik sangat berkaitan erat dengan internet oleh karena fungsi dan peruntukanya untuk menyeting kebutuhan-kebutuhan pemasangan jaringan internet. Penyedia layanan internet atau ISP menggunakan Mikrotik sebagai platfrom pengkonfigurasian jaringan internet mereka.

Nah pada artikel kali ini kita akan membahas selengkapnya tentang apa itu Mikrotik dan fungsinya meliputi Pengertian, fungsi, Jenis-jenis, hingga Sejarahnya. apakah berbentuk sistem operasi dan perangkat keras ? Simak Selengkapnya.

Apa Itu Mikrotik Dan Fungsinya

 

Apa itu Mikrotik ?

Mikrotik merupakan sebuah perangkat lunak sistem operasi (Operating system) yang berfungsi untuk menjadikan komputer menjadi router jaringan. Mikrotik memiliki berbagai fitur untuk mengatur dan membuat IP jaringan.

Beberapa pengguna sitem operasi sejenis, beranggapan bahwa sitem operasi Mikrotik adalah sistem operasi yang paling ringan dibanding dengan sistem operasi serupa lainnya. Sistem operasi ini bersifat open source namun untuk beberapa softwere lainnya bersifat berbayar.

Mikrotik merupakan sistem operasi linux base yang dirancang untuk memudahkan penggunanya untuk mengatur sistem administrasinya dan bisa digunakan melalui winbox.

 

Apa Fungsi Mikrotik ?

Sistem operasi ini memiliki fitur-fitur untuk kebutuhan administrasi yang sangat cocok untuk jaringan komputer dalam skala besar dan kecil. Pada dasarnya, fungsi utamanya adalah untuk melakukan konfigurasi jaringan internet yang dilakukan secara terpusat sehingga administrator mempunyai kemudahan untuk mengolah data.

Konfigurasi yang bisa dilakukan oleh Mikrotik adalah seperti Konfigurasi LAN, Konfigurasi Mikrotik sebagai billing hotspot, melakukan pembagian bandwidth, Pembuatan PPPoE Server, dan juga dapat melakukan konfigurasi pemisahan bandwidth internasional dan lokal.

selain itu, fungsi lainnya adalah untuk memblokir situs yang tidak layak di akses atau melanggar undang-undang. hal ini tentu memudahkan pengguna internet terutama bagi pengguna internet yang memiliki anak di bawah umur.

Banyaknya Fitur yang memudahkan adalah alasan yang melandasi sistem operasi ini digunakan oleh banyak pengguna. Di indonesia, penggunanya mencapai angka 127.096 orang berdasarkan data dari shodan.io. Dan Berikut Fitur-fitu utamanya, diantaranya DHCP Server, DNS Server, Hotspot, Firewall Nat, Routing, Point to Point Tunneling Protocol, dan lain-lainnya.

 

Jenis Jenis Mikrotik ?

Selain beragam fitur-fitur yang tersedia, Mikrotik juga memiliki beberapa jenis. Jenis ini merupakan pengembangan dari Perusahaan pembuatnya. Saat ini ada 2 jenis yang dikembangkan, Berikut ulasannya :

RouterOS

 Apa Itu RouterOS ? Pada jenis RouterOS, sistem operasi ini berjalan dengan berbasis UNIX yang dapat menjadikan komputer mampu menyediakan fitur seperti router, firewall, bridge, hostpot, proxy server dan sebagainya. RouterOS sangat memudahkan penggunanya untuk membangun jaringan internet mereka.

 

RouterBoard

Apa Itu RouterBoard ? Jenis lainnya adalah RouterBoard yang memiliki kelebihan dari ukurannya yang kecil dan ringan. Namun, pada jenis ini bukan berbentuk perangkat lunak, namun merupakan perangkat keras terdiri prosessor, RAM, ROM dan memory flash yang di install dengan RouterOS.

Kelebihan dari RouterBoard adalah dari sisi biaya yang hemat, sebab harga lisensi yang cenderung lebih murah. Perangkat ini juga memakan daya yang cukup kecil hanya di kisaran 2.5 watt saja.

 

Sejarah Mikrotik

Ulasan diatas merupakan ulasan lengkap mengenai fungsi, fitur dan jenisnya. Namun tahukah anda, asal mula dari kemunculan Mikrotik ini ? Berikut adalah ulasan tentang sejarahnya.

John Trully dan Arnis Riekstins merupakan orang yang pernah mengkombinasikan sistem Linux dan MS DOS pada tahun 1996 di Moldova. Dengan teknologi wireless LAN (WLAN) Aeronet dengan kecepatan 2 Mbps dan kemudian teknologi ini melayani 5 pelanggan di Latvia.

Berawal dari itulah mereka mengembangkan sebuah perangkat lunak router yang mumpuni dan digunakan seluruh dunia. Kernel linux yang mereka gunakan pertama kali adalah kernel linux 2.2 yang dikembangan bersama dengan 5 – 15 orang staf, dan berkembang serta berkantor pusat di Latvia.

Kepopulerannya di Indonesia dimulai pada tahun 2001 di jogja oleh Valens Riyadi dan kawan-kawan. Kemudian mulai digunakan oleh banyak Internet Service Provider karena kemudahan dan biaya yang murah. Bahkan pengguna di Indonesia mencapai angka yang cukup besar yakni diangka 127.096 pengguna.

itulah ulasan kami tentang apa itu mikrotik dan fungsinya. dapatkan lebih banyak artikel lainya melalui artikel di bawah.

Baca Artikel Lain :

Tips Facebook Live Agar Banyak Viewers
Internet Kantor Lemot dan Cara Mengatasinya



Avatar for globaldata

About the Author

globaldata: Internet Service Provider (ISP) di Bekasi, Cikarang, Jakarta, Tambun, Cibitung Karawang, Depok. Dapatkan Promo Paket Internet kantor Dengan Diskon biaya bulanan hingga 60% .